Laman

iklan

Rabu, 18 Agustus 2010

Athena

Athena

Athena, mungkin kita mengenal nama Athena sebagai ibukota Negara Yunani. Namun bila kita melihat sejarahnya ternyata Athena merupakan salah satu dewi yang paling penting dalam mitologi Yunani.

Bagaimana wujudnya ?
Ia merupakan seorang wanita yang dipercaya dengan perisai, dihiasi dengan kepala yang mengerikan dari Medusa Gorgon senjata utamanya adalah sambaran petir. Ia tinggal di candi Parthenon, sebuah nama yang juga menjadi julukannya yaitu parthenos ( perawan) Candi itu konon ia peroleh sebagai hasil dari pohon Zaitun yang ia bagikan kepada orang-orang Athena.


Tentang Athena
Athena juga terkenal sebagai dewi perang, ia merupakan pendukung terkuat diantara para dewa dari sisi Yunani dalam Perang Troya. Setelah jatuhnya Troy, bagaimanapun, orang-orang Yunani gagal menghormati kesucian sebuah mezbah bagi Athena di mana nabi Cassandra Trojan mencari tempat berlindung. Sebagai hukuman, badai dikirim oleh dewa laut, Poseidon, atas permintaan Athena yang menghancurkan sebagian besar kapal Yunani kembali dari Troy.
Athena juga merupakan pelindung seni pertanian dan kerajinan perempuan, terutama pemintalan dan tenun. Di antara penemuannya kepada manusia adalah penemuan bajak dan suling dan seni dari penjinakan hewan, bangunan kapal, dan membuat sepatu. Dia sering dikaitkan dengan burung, terutama burung hantu.

1 komentar: